Let’s travel together.

Ayam Parende Khas Muna-Buton yang Menggugah Selera

0

Cerita: Didul Interisti

TURGO.ID – Kuliner dengan olahan daging ayam beraneka macam. Setiap daerah punya makanan khas dengan bahan utama daging ayam. Tak terkecuali di Muna dan Buton yang punya kuliner ayam parende.

Ayam parende lazimnya menggunakan daging ayam kampung, tetapi saat ini banyak pula yang menggunakan ayam potong. Harga yang relatif lebih murah barangkali menjadi satu alasan orang memilih ayam potong.

Hal penting yang tak boleh dilewatkan dari ayam parende adalah daun kedondong muda. Daun ini menjadi bumbu wajib. Sebab khas dari kuliner ini adalah aroma daun kedondong mudanya.

Membuat kuliner ini cukup sederhana. Ayam dipotong-potong dan dibersihkan. Ayam lalu dimasukkan ke dalam rebusan air. Setelah daging mulai empuk dan aroma ayam mulai tercium bumbu mulai dimasukkan. Aneka bumbu semacam garam, merica, serai, irisan bawang merah dan putih, dan beberapa lembah daun kedondong muda dimasukkan satu persatu ke dalam rebusan ayam.

Setelah matang kuliner ayam parende siap dihidangkan. Aroma daun kedondongg muda yang khas akan tercium. Ayam parende bisa disantap dengan nasi. Menyantapnya saat hangat akan terasa lebih nikmat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.