Let’s travel together.

Pisang Eppe, Kudapan Manis di Bibir Teluk Kendari

0

(Cerita oleh: Didul)

TURGO.ID – Menikmati sepoi angin sore di pinggir Teluk Kendari, kamu bisa mencoba salah satu sajian kuliner yang cukup nikmat di lidah. Suguhan kuliner berbahan dasar pisang dengan lumuran gula yang legit dan enak. Orang Kendari akrab menyebutnya dengan Pisang Eppe.

Kata Eppe sendiri berasal dari bahasa Makassar (salah satu suku yang bermukim di Kendari) yang berarti jepit. Sesuai dengan namanya, kudapan ini dibuat dengan cara pisang dipipihkan (dijepit). Selanjutnya, pisang yang sudah pipih kemudian dibakar. Lalu disajikan dengan lumuran saus gula merah cair.

Selain disiram dengan saus gula merah, Pisang Eppe juga banyak disajikan dengan saus coklat. Terkadang ditambahkan pula dengan keju, meises, ataupun kacang yang telah ditumbuk.

Umumnya bahan yang digunakan adalah Pisang Raja karena aromanya khas dan rasanya manis. Namun, banyak juga yang menggunakan pisang jenis lain.

Anda bisa menemukan banyak kuliner ini sejak sore hingga malam di sepanjang jalan pesisir Teluk Kendari di Jalan Ir. H. Alala dan Jalan Edi Sabara, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Santai bersama pasangan lebih asyik, deh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.