Apel persiapan pengamanan TPS oleh Polda Sultra, Senin 5 Februari 2024. (Foto: Uci/Turgo.id)

Hari Pemungutan Suara Kian Dekat, Polda Sultra Tekankan Ini di Apel Pengamanan TPS

Diposting pada

TURGO.ID – Hari H pemungutan suara Pemilu 2024 tinggal beberapa hari lagi. Polda Sultra menggelar apel cek sarana dan prasaran (Sarpras) para personel di Lapangan Apel Presisi Polda Sultra, Senin (5/2/2024).

Apel yang dipimpin oleh Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Dwi Iriyanto ini, bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

Dwi Iriyanto Mengatakan, pihaknya terus berupaya mematangkan segala persiapan.

“Pemungutan suara tinggal 9 hari lagi, artinya kita sudah semakin matang dalam memastikan kesiapan kegiatan pengamanan, termasuk administrasi, anggaran, personel, cara bertindak, dan sarpras,” ungkapnya.

Wakapolda juga menekankan perlunya persiapan maksimal bagi personel yang terlibat dalam Pengamanan TPS (PAM-TPS). Mempersiapkan perlengkapan dinas maupun pribadi, sebelum proses serpas yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Februari mendatang.

Tak hanya itu, para personel yang terlibat dalam PAM TPS juga diingatkan untuk mengetahui dengan jelas lokasi ploting wilayah penugasannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan distribusi personel yang optimal dan efektif di setiap TPS.

“Pentingnya kita menjaga netralitas dan performance yang baik selama melaksanakan tugas di TPS. Saya tekankan bahwa, personel PAM di TPS tidak boleh mencatat perhitungan suara untuk memastikan integritas dan keabsahan proses pemungutan suara,” terang Wakapolda.

Tercatat sebanyak 891 personel dari Polda Sultra terlibat dalam Pengamanan TPS, hal ini menandakan komitmen penuh aparat keamanan dalam mendukung pelaksanaan pemilihan yang aman, tertib, dan demokratis.

Semua langkah yang diambil, adalah upaya untuk memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan di wilayah Sulawesi Tenggara.

 

Penulis: Uci

Editor: Gugus Suryaman