Pengurus IWAPI Sultra dan Kota Kendari bersama Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Geliat Wanita Pengusaha di Kendari Dorong Kualitas UMKM

Diposting pada

TURGO IDGeliat UMKM belakangan ini juga merupakan bagian dari keseharian kaum perempuan. Berbagai produk UMKM yang hadir lahir dari berbagai tangan terampil kaum perempuan.

Potensi tersebut membuat Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mengukuhkan DPC Kota Kendari periode 2023-2028 di Ruang Pola Balai Kota Kendari, Senin (30/1/2023).

Melalui wadah ini, para wanita pengusaha saling mendukung dalam meningkatkan keahlian yang dimiliki. Selain itu, terus berusaha mengembangkan kualitas produk dengan berbagai sarana pelatihan yang dilakukan.

Selain membentuk wadah organisasi dalam upaya meningkatkan keahlian dan kualitas produk UMKM tersebut, para pengusaha wanita ini juga berkolaborasi dengan pemerintah.

“Tentunya dengan bekerja sama pemerintah setempat melakukan pelatihan terhadap pelaku UMKM guna meningkatkan usaha mereka,” kata Ketua DPD IWAPI Sulawesi Tenggara, Rinna Diazella dalam sambutannya saat pelantikan DPC IWAPI Kendari.

Geliat para pengusaha wanita ini juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi keluarga dan terciptanya lapangan kerja yang dapat berefek bagi kemajuan daerah dan negara.

Untuk di Kota Kendari, para wanita pengusaha ini berharap adanya dukungan dari pihak Pemkot Kendari melalui Pj Wali Kota Asmawa Tosepu.

Dengan kolaborasi di Kendari diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kota, sehingga berimbas terhadap peningkatan level UMKM.

Pj. Wali Kota Asmawa Tosepu merespons hal ini, mengingat ia saat tengah mengembangkan kawasan Tugu Eks MTQ sebagai sentra UMKM untuk wilayah Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap bisa menjadi suntikan semangat dalam mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Kota Kendari, sehingga mampu membangkitkan gairah usaha,” katanya.