Langkah Indonesia Menguasai Pasar Tanaman Hias Dunia

Diposting pada

TURGO IDIndonesia disebut mempunyai peluang menguasai pasar tanaman hias dunia. Hal ini disampaikan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki di Jakarta,Sabtu (15/10/2022).

Indonesia disebutnya memiliki kemampuan yang tak kalah hebat dengan negara lain dalam urusan tanaman hias.

“Kita ini justru gudang tanaman hias, kita produsennya. Jadi bagaimana kita mengembangkan sampai nanti kita menguasai market tanaman hias,” kata Teten Masduki di Pameran Floriculture Indonesia International (FLOII) yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Florikultura Indonesia.

Menurutnya, pasar tanaman hias di Indonesia sangat besar. Ditambah lagi Indonesia memiliki para ahli tanaman yang dapat mengembangkan tanaman hias.

“Kita punya kemampuan untuk menguasai sektor tanaman hias karena kita marketnya gede dan banyak ahli-ahli yang bisa mengawinsilangkan berbagai varietas yang akan menghasilkan varietas baru,” kata Menteri Teten seperti dilansir dari laman Kemenkop UKM.

Saat ini pasar tanaman hias digarap negara lain, seperti Thailand dan Belanda. Untuk itu, ia mengajak para pelaku usaha tanaman hias untuk mengembangkan sektor ini agar memiliki nilai tambah.

Dengan digitalisasi, pengembangan ekosistem sektor tanaman hias di Indonesia diyakini akan jauh lebih berkembang.

“Dikembangkan dengan digitalisasi karena nantinya akan mengoneksikan antara buyer lewat platform digital. Itu saya kira akan mempercepat atau mengakselerasi perkembangan tanaman hias. Kita kan kaya sekali. Ekosistemnya sekarang yang mesti dibangun,” katanya.