Mudik Tak Perlu Khawatir, Polisi Siapkan 73 Pos Operasi Ketupat Anoa

Diposting pada

TURGO.ID, KENDARI Mudik tahun ini akan lebih ramai. Sebab menurut prediksi, jumlah pemudik bakal meningkat. Arus transportasi darat, laut dan udara tentu padat penumpang.

Tak perlu khawatir, polisi sudah siap siaga. Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Anoa 2024, Rabu 3 April 2024. Apel ini sebagai langkah persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024. Apel berlangsung di Lapangan Presisi Polda Sultra, di bawah pimpinan langsung Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto.

Operasi Ketupat 2024 merupakan komitmen nyata dari sinergi antara TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam upaya menjaga keamanan selama musim mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri.

Kombes Pol Tumpal Damayanus, S.H., M.H., selaku Karendal Opsda, memperkirakan jumlah pemudik akan meningkat, sehingga Polda Sultra akan membuka 51 pos pengamanan, 13 pos pelayanan, dan 9 pos terpadu yang akan diisi oleh anggota Polri, TNI, serta stakeholder terkait.

Fokus utama pengamanan pada titik-titik jalur mudik dan tempat keramaian yang rawan macet dan kejahatan. Selain itu, memperkuat pengamanan pelabuhan dengan bantuan dari KSOP, untuk mengatur antrian masyarakat agar proses mudik berlangsung aman dan nyaman.

Lebih dari 4000 personel akan bertugas dalam operasi ini, dengan dukungan penuh dari seluruh jajaran Polres dan stakeholder terkait. Tidak hanya itu, pengamanan juga akan berlaku di lapangan dan masjid tempat pelaksanaan salat Idul Fitri.

Tim juga akan melakukan patroli dalam upaya memastikan keamanan selama musim mudik. Terutama di perumahan yang ditinggalkan pemiliknya. Masyarakat yang ingin menitipkan kendaraan saat mudik juga dapat menghubungi polsek, polres, dan polda terdekat untuk memastikan keamanannya.

Dengan upaya yang terkoordinasi dan sinergis ini, diharapkan musim mudik dan perayaan Idul Fitri tahun ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat yang merayakannya.(rls)

Editor: Gugus Suryaman