Kendari Waterfront City merupakan salah satu tempat yang kerap dikunjungi di Kelurahan Petoaha, Kota Kendari, Sultra. Foto: Didul/TURGO ID

13 Kampung Wisata Rencana Dikembangkan di Kota Kendari Sultra

Diposting pada

TURGO ID Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berencana mengembangkan kampung wisata di wilayahnya. Sebanyak 13 titik direncanakan sebagai lokasi pengembangan kampung wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Hj. Fauziah A. Rachman mengatakan 13 kampung wisata tersebut merupakan rintisan.

“Kampung wisata ini baru rintisan, rencananya untuk di 13 kelurahan,” kata Fauziah saat Pelatihan Pelayanan Pariwisata kepada Kelompok Sadar Wisata dan Kelompok Ekonomi Kreatif pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Beberapa lokasi yang bakal dijadikan kampung wisata di antaranya berada di Kelurahan Watu-watu, Nambo, Petoaha, Baruga, Puday, Bungkutoko, Mata, dan Tipulu.

Fauziah menyebut, ada berbagai macam potensi dalam setiap kampung wisata yang akan dikembangkan. Ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi wilayah dan masyarakat setempat.

“Ada berbagai macam potensi di dalamnya, tergantung kondisi masyarakat sekitar kampung wisata,” kata Fauziah.

Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, sektor pariwisata dapat memberi kontribusi PAD bagi pemerintah dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Sebagai kota pelayanan dan jasa, tentu sektor pariwisata akan memberi kontribusi dari segi pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat,” terang Asmawa.

(Didul)