Solo traveling. Foto: Gugus Suryaman/TURGO ID

Aman dan Nyaman Melakukan Solo Traveling

Diposting pada

TURGO ID Melakukan solo traveling membuat Anda kemungkinan dihadapkan berbagai risiko. Kemungkinan tersebut tentunya menjadi konsekuensi Anda sendiri yang melakukan solo traveling. Untuk itu diperlukan kiat agar solo traveling Anda menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

TURGO ID merangkum sejumlah tips dari berbagai sumber agar solo traveling Anda menjadi aman, nyaman dan menyenangkan.

1. Mencari tahu tentang lokasi yang dituju

Mencari tahu informasi sebanyak mungkin melalui internet maupun pengalaman orang lain yang sudah pernah mengunjungi tempat tujuan Anda. Semakin banyak informasi yang diketahui akan sangat membantu Anda nanti.

2. Ketahui tradisi dan budaya tempat tujuan

Agar dapat membaur dengan lingkungan tempat Anda tuju, maka perlu mengetahui tradisi dan budayanya. Jangan sampai Anda merasa asing dengan tingkah laku, keseharian, pakaian, serta gaya berbicara masyarakat tempat tersebut. Jika perlu kuasai bahasa masyarakat setempat.

3. Membawa barang seminimal mungkin

Siapkan barang yang dibawa seminimal mungkin karena Anda melakukan perjalanan sendiri. Jangan lupakan identitas diri seperti KTP, SIM, dan paspor. Catat juga nomor dan email yang dapat Anda kontak ketik kehilangan barang yang dibawa.

4. Siapkan rincian agenda perjalanan

Ini penting dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi dalam perjalanan Anda. Untuk itu membuatnya secara detail dengan satuan waktu akan lebih baik.

5. Melakukan perjalanan hanya siang hari

Hindari melakukan perjalanan pada malam hari mengingat kita awam terhadap kondisi. Gunakan waktu malam hari untuk beristirahat. Termasuk tidak berada di tempat sepi saat malam hari.

6. Bersikap sewajarnya

Jangan menunjukkan gelagat seorang diri dan orang yang baru berada di tempat yang Anda kunjungi. Bersikaplah sewajarnya agar Anda tak menjadi pusat perhatian. Jangan pula mengaku diri sebagai seorang solo traveling sebagai bentuk kewaspadaan terhadap orang asing.

7. Berkabar

Kabarilah keluarga atau sahabat tentang kondisi Anda secara berkala. Ini penting agar jika terjadi sesuatu kepada Anda, dapat dengan mudah dilacak.

Demikian 7 tips agar aman dan nyaman saat solo traveling. Anda tertarik untuk solo traveling?