Ilustrasi. Liburan ke gunung. Foto: TURGO ID

60,6 Juta Orang Diprediksi Kunjungi Tempat Wisata Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Diposting pada

TURGO ID Pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif diminta bersiap menghadapi momen libur Natal dan tahun baru (nataru) 2022-2023 dengan melakukan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap saat momen tersebut diprediksi sebanyak 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 60,6 juta orang bakal menyerbu tempat wisata.

“Kami instruksikan tempat wisata destinasi favorit dan sentra ekonomi kreatif agar mempersiapkan diri dengan baik memanfaatkan secara maksimal dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, serta kolaborasi,” kata Sandiaga seperti dilansir dari laman Kemenparekraf dalam acara “The Weekly Brief with Sandi Uno” yang diselenggarakan secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/11/2022) sore.

Ia menyebut, untuk wilayah Jabodetabek sana, potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 12,3 persen atau sekitar 7,5 juta orang. Mereka diperkirakan akan banyak mengunjungi destinasi yang selama ini menjadi favorit masyarakat seperti Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah. Termasuk kawasan puncak dan daerah Bogor sekitarnya yang selalu menjadi tempat favorit wisatawan.

“Namun juga kalau kita lihat Bali dan 5 destinasi super prioritas dan desa-desa wisata juga harus bersiap-siap untuk menerima kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga Uno.

Untuk wisatawan mancanegara, selain dari lima negara penyumbang wisatawan terbanyak saat ini yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris, diperkirakan juga wisatawan dari Amerika Serikat dan Austria juga akan banyak yang memanfaatkan momen liburan ini dengan berkunjung ke Indonesia.

“Kami mengimbau pemerintah daerah dan asosiasi usaha pariwisata untuk mendukung momen Natal dan Tahun Baru sebagai momentum kebangkitan dan kesiapan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif serta fasilitas pendukungnya, sehingga diharapkan dapat menghadirkan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” jelas Sandiaga Uno.