Ilustrasi. Camping Ground Kebun Raya Kendari. Foto: TURGO ID

Trek Sepeda Gunung dan Camping Ground Direncanakan Dibuat di Kendari

Diposting pada

TURGO ID Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara berencana mengembangkan kawasan perbukitan di Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat sebagai kawasan wisata.

Rencananya Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan membuat lokasi perkemahan (camping ground). Selain itu, juga akan membuat trek sepeda gunung.

“Di Kelurahan Tipulu ini akan menjadi wisata camping dan sebagai trek perlombaan sepeda gunung,” terang Kepala Disbudpar Kota Kendari, Hj. Fauziah Hj. Fauziah A. Rachman saat mendampingi Pj. Wali Kota Asmawa Tosepu mengunjungi lokasi yang bakal dijadikan kampung wisata di Kelurahan Tipulu pada Kamis, 3 November 2021.

Pemkot Kendari berencana mengembangkan setidaknya 13 kelurahan sebagai lokasi kampung wisata. Pengembangan wisata di setiap kelurahan rencananya disesuaikan dengan lokasi dan kondisi masyarakat sekitarnya.

Beberapa lokasi yang bakal dijadikan kampung wisata di antaranya berada di Kelurahan Watu-watu, Tipulu, Mata, Nambo, Petoaha, Baruga, Puday, dan Bungkutoko.

“Ada berbagai macam potensi di dalamnya, tergantung kondisi masyarakat sekitar kampung wisata,” kata Fauziah.

Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, sektor pariwisata dapat memberi kontribusi PAD bagi pemerintah dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kalau kampung wisata ini sudah berkembang, akan terjadi perputaran ekonomi di sekitar kita dan terjadi pertumbuban ekonomi. Mudah-mudahan bisa meningkatkan kesejehteraan masyarakat yang ada di kampung wisata ini,” kata Asmawa saat mengujungi lokasi kampung wisata di Kelurahan Tipulu.