Penyaluran bantuan PT Antam UBPN Konawe Utara ke Posko Banjir BPBD Konut. (Foto: dok)

Antam Konut Peduli Banjir, 3 Ton Beras Premium Plus 30 Dos Mie Instan Disalurkan

Diposting pada

KONAWE UTARA Curah hujan yang tinggi pada awal Bulan Mei 2024 di Kabupaten Konawe Utara menyebabkan banjir melanda 6 kecamatan, yakni Oheo, Landawe, Wiwirano, Langgekima, Asera & Andowia. Sehingga pada 9 Mei 2024, Bupati Konawe Utara Ruksamin   menetapkan Darurat Bencana di wilayahnya.

Dalam rapat darurat bencana di rumah jabatan bupati, Kamis (09/05/2024), Ruksamin menyampaikan bahwa jumlah korban yang terdampak bencana banjir sebanyak 883 kepala keluarga yang tersebar di 6 (enam) kecamatan.

Tergerak dengan kondisi tersebut, PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara melalui External Relation & CSR Manager Fachrul Mujahid, menyerahkan bantuan 3 ton beras premium dan 30 dos mie instan melalui posko utama tanggap darurat, Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara. Diterima langsung  oleh  Pemerintah  Daerah  (Pemda)  Konawe  Utara  dalam  hal  ini  Kepala  BPBD  Muh.  Aldin, bersama Asisten 2 Setda Konawe Utara Tasman Tabara dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (F- PRB) Konut, Selasa (14/05/2024).

“Ini adalah wujud kepedulian, tanggung jawab moril & sosial ANTAM sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Konawe Utara yang berkomitmen untuk terus mendukung Pemda Konawe Utara khususnya dalam penanganan darurat bencana,” ungkap Fachrul.

Kepala BPBD Muh. Aldin mewakili Pemda Konawe Utara mengucapkan terima kasih atas partisipasi PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara atas kontribusi dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Selanjutnya Aldin mengharapkan kontribusi ini tidak berhenti di masa darurat saja, tapi juga sampai selesai masa pemulihan.

“Kami dari BPBD akan sungguh-sungguh menindaklanjuti distribusi bantuan ANTAM kepada korban banjir agar  tetap  sasaran.  Harapan  kami  semua  stakeholder,  mitra  pemerintah  bisa  turun  bersama-sama memberikan bantuan untuk keluarga kita yang terdampak banjir”, tambahnya.

Di tempat terpisah, General Manager PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara Anando Hendra Setiawan  mengatakan turut prihatin atas bencana banjir yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten  Konawe Utara.

“Sebagai bagian dari komitmen dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan  tentunya ANTAM berupaya untuk turut membantu Pemda dalam menangani kejadian bencana alam ini,” katanya.

PT ANTAM Tbk. UBPN Konawe Utara sebagai bagian dari Holding Pertambangan MIND ID di bawah Kementerian BUMN memiliki tugas  dan tanggung jawab untuk turut serta dalam  mengatasi setiap bencana yang terjadi sekitar wilayah operasi.

“Semoga bencana ini bisa segera teratasi dan tidak terjadi lagi bencana serupa di Kabupaten Konawe Utara,” tutupnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Konawe Utara telah menyalurkan bantuan sembako tiga tahap kepada korban banjir diberbagai desa dan kecamatan yang terdampak. Antara lain; di Kecamatan Wiwirano, di Desa  Padalere,  Kecamatan  Landawe di Tambakua,  Kecamatan Asera  khusunya yang tanah  longsor di Amorome,  Desa  Walalindu,  Kecamatan  Asera,  Desa  Alawanggudu,  Puuwanggudu,  Laronanga,  Desa Labungga, dan Puuwonua.(Rls)