Ilustrasi. Foto: Laman Kemenparekraf

Biar yang Liburan Makin Banyak, Harga Tiket Pesawat Diupayakan Murah di Seluruh Indonesia

Diposting pada

TURGO IDMendorong tercapainya target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2023 terus diupayakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Salah satu langkah yang dilakukan dengan mengupayakan harga tiket pesawat menjadi murah di seluruh Indonesia.

Menparekraf, Sandiaga Uno mengatakan saat ini hanya beberapa destinasi yang diberlakukan harga tiket pesawat murah, seperti rute Jakarta-Bandung, Jakarta-Sorong, Jakarta-Labuan Bajo, dan Jakarta-Bali.

Dengan kondisi demikian, sehingga tiket pesawat murah memang tak sama rata promonya dan tidak berlaku di semua provinsi yang ada.

“Ke depan dengan bertambahnya jumlah pesawat, meningkatnya ketersediaan kursi, kita harapkan harga tiket akan berangsur turun dan dapat dijangkau di seluruh wilayah nusantara,” kata Sandiaga seperti dilansir dari laman Kemenparekraf pada Jumat (24/2/2023).

Ia mengungkap, saat musim libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang jatuh pada April 2023 diproyeksikan akan terjadi lonjakan permintaan atau kenaikan demand yang signifikan. Kondisi ini menuntut tersedianya lebih banyak jumlah kursi pesawat dari hari biasanya.

“Kita harus menjaga jangan sampai ada net outflow dari wisatawan kita yang justru berwisata di luar negeri,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga menegaskan, dalam upaya memenuhi target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara diperlukan dukungan semua stakeholders termasuk di dalamnya pihak maskapai.

“Karena target pergerakan wisatawan dalam negeri itu 1,4 miliar dan ini harus ditopang oleh semua stakeholders,” pungkasnya.