Ilustrasi. Salah satu spot wisata dalam kawasan Limbo Wolio yang sering dikunjungi. Foto: M. Asrul Salam for TURGO ID

Desa Wisata Limbo Wolio Baubau Mendadak Dipadati Pengunjung, Pengelola Sampai Tambah Pemandu

Diposting pada

TURGO ID Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar di Kota Baubau dan Kabupaten Buton berdampak positif terhadap kunjungan di sejumlah obyek wisata.

Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi yakni desa wisata Limbo Wolio atau Kawasan Benteng Keraton di Kota Baubau.

“Kunjungan wisata sudah terasa sejak tanggal 24 November dan puncaknya itu kemarin, kita sampai kewalahan,” ungkap Ketua Media Center Benteng Keraton Buton, Wawan Erwiansyah kepada seperti dilansir dari RubrikSultra pada Rabu (30/11/2022).

Media Center Benteng Keraton Buton memiliki delapan pemandu wisata untuk mendampingi sekaligus memberikan informasi mengenai objek wisata kepada pengunjung.

Namun, jumlah itu ternyata tidak cukup sehingga pihaknya harus menambah personil pemandu wisata yang didatangkan dari luar kawasan Benteng Keraton.

“Luar biasa, bahkan para pemandu wisata baru selesai mendampingi tamu sekitar jam 9 malam,” tambahnya.

Dengan jumlah kunjungan wisata yang tinggi, pemandu wisata mampu meraih omset hingga Rp 650 ribu per hari.

Pelaku UMKM yang menjual aneka souvenir di kawasan Benteng Keraton Buton juga merasakan dampak positif.

“Yang paling banyak laku terjual rata-rata kaos dan kampurui. Penjualan tertinggi kaos sampai 40 lembar sehari,” ungkap Wawan.

Diperkirakan dalam sehari, kawasan Desa Wisata Limbo Wolio atau Benteng Keraton Buton dikunjungi 600 hingga 700 wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Sultra.