Pengunjung wisata di Limbo Wolio. Foto: Pokdarwis Dadi Mangura Melai

Dinas Pariwisata Sultra Respons Limbo Wolio dan Air Terjun Moramo Juara di ADWI 2022

Diposting pada

TURGO ID Kemenparekraf telah menetapkan 50 desa wisata terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dari jumlah tersebut terdapat Desa Wisata Limbo Wolio, Kota Baubau dan Desa Wisata Air Terjun Sumbersari Moramo, Konawe Selatan.

Keduanya diumumkan di masing-masing kategori berbeda sebagai pemenang ADWI 2022 yang digelar pada Minggu malam (30/10/2022).

Desa Wisata Limbo Wolio, Kota Baubau menjadi juara 2 di kategori toilet umum. Sementara Air Terjun Sumbersari Moramo, Konawe Selatan menjadi juara 3 di kategori daya tarik pengunjung.

Pihak Kemenparekraf menilai kategori toilet umum terkait pemenuhan sarana dan prasarana demi kenyamanan pengunjung.

Kemudian kategori daya tarik pengunjung menyangkut desa wisata memiliki keunikan dan keaslian produk wisata yang variatif dan kreatif.

Raihan ini mendapat respons dari Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, H. Belli. Melalui keterangan tertulis yang diterima TURGO ID, Belli mengatakan ini merupakan prestasi dan kerja keras banyak pihak.

“Hal ini merupakan sebuah prestasi dan kerja keras semua pihak yang patut kita banggakan bersama, mengingat Desa Wisata Sulawesi Tenggara mampu bersaing di skala nasional dengan menyisihkan 3.419 Desa Wisata di seluruh Indonesia,“ terang Belli.

Ia menjelaskan, Program Desa Wisata merupakan salah satu program unggulan dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata di Sulawesi Tenggara pasca pandemic Covid-19.

“Ini sejalan dengan kebijakan Bapak Presiden Republik Indonesia mengenai “Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia” yang disampaikan pada tanggal 29 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) kepada seluruh kepala daerah,” terang Belli.

Belli mengungkap, Gubernur Sulawesi Tenggara menitip pesan kepada warga untuk berwisata di desa wisata dalam rangka membangkitkan perekonomian di
tingkat pedesaan dan memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid-19.