Kota Lama Kendari Bakal Dijadikan Kawasan Heritage

Diposting pada

TURGO IDPj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bakal melakukan penataan di kawasan Kendari Beach hingga wilayah Kota Lama. Hal tersebut disampaikan Asmawa saat silaturahmi bersama warga eks Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari pada Rabu (11/1/2023).

Menurut Asmawa, kawasan bekas Kelurahan Kandai yang beberapa titiknya memiliki nilai sejarah mesti dipelihara.

“Kawasan eks Kandai ini ada beberapa titik yang seharusnya dijadikan kawasan bersejarah, mengingat sejarah Kota Kendari berasal dari kata Kandai,” kata Asmawa.

Ia mengungkap, berdasarkan arahan Gubernur Sultra kepada Pemerintah Kota Kendari, pihaknya akan menata dari ujung kawasan Jembatan Teluk Kendari menjadi suatu ruang publik yang dapat dinikmati bersama tanpa menghilangkan identitas sejarahnya.

“Program Pemerintah Kota Kendari terkini, khususnya penataan kawasan Teluk Kendari termasuk di dalamnya adalah kawasan Kota Lama yang rencananya akan kita jadikan sebagai kawasan heritage,” terang Asmawa.

Asmawa berharap, kawasan Pecinan di Kota Lama tidak sampai hilang.

“Kalau misalnya kawasan kota lama itu kawasan Pecinan di Kota Kendari maka ke depan identitas sebagai Pecinan itu harus tetap ada,” jelasnya.

Menurut Asmawa, adanya kawasan heritage ini diharapkan dapat menjadi tanda awal terbentuknya Kota Kendari yang ditandai dengan Kilometer Nol di bawah Jembatan Teluk Kendari.