Layanan Keamanan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang Direspons SMSI. Foto: SMSI

Layanan Keamanan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang Direspons SMSI

Diposting pada

TURGO ID Pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) pada 4-6 Februari 2023 berlangsung sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Suksesnya Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara tak terlepas dari pelayanan prima aparat keamanan dari awal hingga berakhirnya ekspedisi tersebut.

Rute pertama dilalui di Geosite Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Dilanjutkan ke Kerajinan Ulos di Muara Kampung Ulos bersama Ketua Dekranasda Tapanuli Utara dan bersilaturahmi dengan Satika Situmorang, istri bupati.

Tim ekspedisi kemudian mengitari Pulau Sibandang di perairan Danau Toba, memasuki rumah kuno di Pulau Sibandang Mura dan melalukan silaturrrahmi dengan Bupati Tapanuli Utara sekaligus MoU Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Berikutnya meninjau Geosite Sipnsur Humbang Hasundutan, Menara Padang Tela Samosir, Geosite Pusut Buhit Samosir, Taman Wisata Sibeabea, Jembatan Tano Ponggol di Paguruan Samosir, Ekspose Pembangunan Samosir oleh Vandiko Gultom, dan ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba.

Rute hari ketiga menuju Wisata B Sigale-Gale, Makam Sidabutar, menuju Huta Siallagan, berangkat dari Palabuhan Tomok menuju Parapat dan silaturahmi di Mespora Pora, ke Siantar, keliling Kota Pematang Siantar naik becak setelah silaturrahmi dengan Wali Kota Siantar dan Bupati Deliserdang, dan terakhir di Medan.

Seluruh perjalanan ini mendapat pendampingan dari aparat keamanan, bahkan ketika menuju Parapat diikuti dengan pengamanan patroli laut. Ketika menuju Siantar bergabung mobil polisi militer hingga menuju Serdang Bedagai.

Sebelumnya, Kapolda Sumut didampingi Wakapolda Sumut, menyambut baik rencana kegiatan ekspedisi itu. Atas atensi dan dukungan penuh dari keamanan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) , Ketua Umum SMSI, Firdaus mengucapkan kepada Kapoldasu dan jajarannya.

“Luar biasa sinergitas menemani Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI, semoga berkembang terus ke depannya,” ujarnya saat berbincang-bincang dengan Kapolsek Simanindo Polres Samosir menjelang menyeberang menuju Parapat.

Sementara itu, Kapolsek Simanindo Polres Samosir, Nandi Butarbutar menyampaikan terima kasih telah melaksanakan kegiatan yang cukup baik untuk kemajuan dan diakuinya Kapodasu telah mengintruksikan agar terus dimonitor kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilaksanakan SMSI.

“Saya menyampaikan mohon maaf jika ada kekurangan yang dilakukan aparat kepolisian. Akan tetapi kami telah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Nandi Butarbutar.

Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu mengatakan, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba terlaksana berkat dukungan Pemprov Sumut, PT Agincourt Resources, Poldasu dan lainnya.

Ketua SMSI Sumut berharap dengan ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI ke depannya melalui informasi lewat pemberitaan geosite yang ada di seputaran Danau Toba, akan kembali dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara.

“Inilah dukungan nyata SMSI dalam mempertahankan Kaldera Geopark Toba yang telah diraih Sumut. Melalui Ekspedisi Kaldera Geopark Toba sehingga para jurnalis dan pengusaha media yang bergabung di SMSI dapat mengexplore keindahan dan culture yang ada di kawasan Danau Toba,” ujarnya.