View Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. (Foto: dok/Turgo.id)a

Fakta Tentang Rawa Aopa, Taman Nasional yang Jadi Surga Ratusan Spesies Flora Fauna

Diposting pada

TURGO.ID – Sejak tahun 1989, Rawa Aopa Watumohai ditetapkan sebagai taman nasional dengan luas wilayah 1.050 km². Taman ini memiliki beragam vegetasi yang terbagi dalam 4 ekosistem, yaitu padang savana, hutan bakau, rawa, dan hutan hujan tropis. Ketinggian perbukitannya yang disebut Bukit Teletubbies bervariasi hingga mencapai 981 MDPL.

Kondisi geografis ini digunakan sebagai kawasan perlindungan bagi flora dan fauna, ekowisata, dan zona penelitian. Dalam TN Rawa Aopa Watumohai, terdapat babi rusa, anoa dan 155 spesies burung, 37 di antaranya endemik. Selain itu, terdapat 323 spesies tanaman.

Secara geografis, TNRAW masuk dalam wilayah 4 kabupaten. Yaitu Kabupaten Konawe seluas 6.238 Ha, Kabupaten Konawe Selatan 40.527 Ha, Kabupaten Kolaka 12.824 Ha dan Kabupaten Bombana seluas 45.605 Ha.

View Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. (Foto: dok/Turgo.id)a

Masyarakat setempat menjadikan rawa ini sebagai sumber kehidupan. Rawa Aopa telah ditetapkan sebagai situs Ramsar. Hewan langka seperti anoa, babi rusa, buaya muara, rusa, musang Sulawesi dan beberapa jenis primata seperti tangkasi dan monyet hitam, serta kura-kura hidup di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Masyarakat di sekitar juga memanfaatkan taman nasional ini sebagai tempat mencari ikan, misalkan ikan gabus, pepuyu, bawung, nila, dan sepat.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Lokasi: Desa Tatangge, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan
Jarak dari Kota Kendari: +/- 105 kilometer