Ada Program yang Bisa Buat Mahasiswa Kuliah Sambil Cari Cuan di UHO

Diposting pada

TURGO ID Aktif kuliah tapi tetap bisa menghasilkan uang sendiri. Hal itu mungkin bisa jadi merupakan keinginan banyak mahasiswa.

Di Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) dibuka Program Mahasiswa Wirausaha untuk tahun 2023.

“Iya tahun (2023) ini kembali dibuka. Sekarang sementara pendaftaran,” terang Amin Tunda, M. A. selaku Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan UPT PK2M UHO kepada TURGO ID pada Jumat (q7/2/2023).

Sebanyak 5 bidang usaha diakomodir dalam program ini. Kelima bidang usaha tersebut, yakni makanan dan minuman, produksi/budidaya, industri kreatif, jasa dan perdagangan, dan teknologi/digital.

UPT PK2M UHO memberikan kesempatan kepada mahasiswa aktif angkatan 2020, 2021, dan 2022 yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.

Mahasiswa yang dibolehkan ikut program ini tidak mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) pada tahun 2023. Selain itu belum pernah memperoleh bantuan modal PMW sebelumnya.

Pendaftaran program yang dibuka sejak 14 Februari hingga 14 Maret ini juga memberikan syarat agar lokasi usaha berada di dalam Kota Kendari.

Peserta juga ditekankan memiliki ide usaha yang akan dibuat ataupun telah memiliki usaha. Ide atau usaha yang dimiliki dituangkan dalam proposal usaha perorangan.

Nantinya mereka akan mengikuti program ini terlebih dahulu akan menjalani seleksi tiga tahap untuk mengisi 186 kuota yang disiapkan UPT PK2M UHO.

“Tahapan seleksinya pertama seleksi berkas, kemudian tes tertulis, dan wawancara,” terang Amin Tunda.

Mereka yang dinyatakan lolos akan mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp 7,5 juta sampai Rp 8 juta, tergantung jenis usaha yang diusulkan dalam proposal.

“Ada yang dapat Rp 7,5 juta dan ada Rp 8 juta,  176 peserta yang Rp 7,5 juta dan ada 10 peserta yang Rp 8 juta, tergantung jenis usaha dan kebutuhannya,” terang Amin Tunda.

Selain bantuan usaha, peserta terpilih juga bakal mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mendukung usaha yang akan dijalankan.

UPT PK2M UHO membuka pendaftaran melalui bit.ly/PMWUHO2023 atau melalui media sosial maupun nomor kontaknya di 085156186209.