Desa Wisata Turgo Yogyakarta. Foto: Gugus Suryaman/TURGO ID

Desa Diminta Kembangkan Wisata Alam dan Produk Unggulan

Diposting pada

TURGO IDJajaran pemerintah desa bersama masyarakatnya diminta mengembangkan potensi wisata alam yang ada di wilayahnya. Selain itu, desa juga diajak mengembangkan produk unggulannya.

“Saya meyakini setiap desa memiliki potensi yang bisa dikembangkan,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim dalam Forum Komunikasi Publik Sosialisasi Kluster Ekonomi Pedesaan, di Jawa Tengah seperti dilansir dari laman Kemenkop UKM pada Senin (28/11/2022).

Masyarakat desa juga diharapkan mampu mengorganisir potensi wilayahnya agar dapat dikembangkan menjadi sebuah produk unggulan daerah.

“Jangan sekadar memproduksi bahan mentah atau bahan baku saja. Tapi, harus yang sudah memiliki nilai tambah,” kata Arif.

Selain produk unggulan, masyarakat juga didorong mengembangkan desa wisata. Arif menyebut, dari sektor ini dapat berkembang aneka bisnis pendukung seperti homestay, kuliner, oleh-oleh, kerajinan, dan sebagainya.

Menurutnya, desa wisata merupakan sektor yang sangat prospektif untuk mendatangkan kesejahteraan kepada masyarakat  tanpa mengeksploitasi alam secara berlebihan.

“Kami harap sektor ini dapat menyumbangkan kontribusi besar bagi perekonomian masyarakat sekitar,” ucap Arif.