Menkop UKM, Teten Masduki. Foto: Laman Kemenkop UKM.

Indonesia Target Jadi Kiblat Modest Fashion Dunia

Diposting pada

TURGO ID Indonesia menargetkan jadi kiblat modest fashion dunia melalui Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) yang diluncurkan pertama kali di Indonesia Sharia Economic Festival 2022, Kamis (6/10/2022) di Jakarta Convention Center (JCC).

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan fashion lokal Indonesia sangat berpotensi mendunia, sehingga pemerintah berkomitmen melanjutkan dan meningkatkan IN2MOTIONFEST dalam tiga tahun ke depan.

“Indonesia semoga jadi kiblas modest fashion dunia, berkancah internasional, melalui IN2MOTIONFEST ini bukan hanya dari aspek kemasan kegiatannya tapi juga kita tingkatkan hingga jumlah desainer dan buyer,” katanya dalam pembukaan IN2MOTIONFEST 2022 seperti dilansir dari laman Kemkop UKM.

Untuk terus membumikan modest fashion ini, akan dilibatkan lebih banyak kota dan wilayah di Indonesia melalui program promosi bersama.

Guna  meningkatkan kontribusi para pelaku usaha, maka perlu dilakukan kolaborasi event berskala internasional untuk promosi dan publikasi produk modest fashion, hingga meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi.

Kemenkop UMKM sendiri sudah memiliki fashion lab untuk membantu riset dan pengembangan produk UMKM. Hasilnya melalui pameran busana lokal, termasuk upaya demokratisasi desain fashion untuk outfit perkantoran berbasis budaya.

“Ini kita persembahkan untuk UMKM karena mereka tidak punya budget untuk riset dan pengembangan,” katanya.

Selain itu, melalui dukungan sharing factory atau rumah produksi bersama dan menghubungkan agregator bahan baku, pembiayaan, hingga pasar untuk kriya dan wastra bekerja sama dengan dekranas.

Teten mengatakan, fasilitas dari hulu ke hilir ini harus dimanfaatkan oleh UMKM dan disediakan di Smesco Indonesia. Melalui IN2MOTIONFEST, kain dan wastra Indonesia diharapkan bisa lebih dikenal dunia.

Ratusan desainer digandeng untuk membuat produk modest fashion dari 14 bahan-bahan wastra, mulai dari tenun, songket, eco-print, indigo, tenun ikat, jumputan, lurik, dan lainnya.

Diharap hal tersebut menjadi agregator fashion modest Indonesia bertema produk lokal bertaraf global. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan IN2MOTION melibatkan juga desainer dari luar negeri.