Salah satu merchandise KTT G20 di Bali. Foto: tangkapan layar di IG ethneeq.official

G20 di Bali Jadi Berkah Bagi UMKM Indonesia

Diposting pada

TURGO ID Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022. Pertemuan yang akan dihadiri sejumlah kepala negara ini menjadi berkah bagi para pelaku UMKM. Pasalnya sebanyak 20 UMKM dipilih Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sebagai pemasok atau official merchandise resmi ajang terebut.

Dilansir TURGO ID dari laman Kemenparekraf, mereka yang terpilih merupakan hasil kurasi 1.024 UMKM dari sektor kerajinan (ekonomi kreatif), fashion, makanan, kosmetik, hingga wellness. UMKM yang terpilih berdasarkan penilaian dari Kemenkop UKM bersama SMESCO.

“Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menjembatani pelaku UMKM untuk bisa unjuk gigi. Salah satunya mematangkan kapasitas pelaku dan kualitas produk yang akan dijadikan menchandise resmi g20 Indonesia,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Produktivitas dan Daya Saing Kemenkop dan UKM, Eddy Satriya seperti dikutip dari laman Kemenkominfo.

Mereka yang lolos kurasi, yakni Pandora Mutiara asal Nusa Tengara Barat, Kallestory Eyewear (DI Yogyakarta), Borobudur Silver (DIY), Maharani Craft (Bali) , Batika (NTB), Hape (Bali).

Lalu Yagi Natural Indonesia (Aceh), Cocomama Komodo (NTT) Samsara (Bali), Dehealth Supplies (Jawa Timur), Fragrande Kreasi Alami (Jawa Barat), Adem Juice & Smoothies (Bali), Tri Utami Jaya (NTB), Rumah Atsiri (Jawa Tengah).

Kemudian Faber Instrument Indonesia (Jawa Barat), Pala Nusantara (Jawa Barat), Wonnow Handcrafted (Jawa Timur), Suryoart (Jawa Tengah), Hucravindo (Jawa Timur), Furniwell Calistaprima (Jawa Tengah), Lima Menara Sejahtera (Bali), Lewi’s Organics (Banten), dan Imagenation (Jawa Barat).

“Ini gambaran bagaimana Kemenkop UKM sangat serius. Kami memaksimalkan Presidensi G20 agar sebanyak mungkin UMKM bisa berpartisipasi,” kata Eddy.