Kadis Pariwisata Sultra, H. Belli. Foto: ist

Komitmen Dispar Sultra Mendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Film dan Foto

Diposting pada

TURGO ID Festival Film dan Foto Wakatobi 2022 digelar Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) di Resort Ampupu Beach, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi pada 14 hingga 16 November 2022.

Sebanyak 40 pegiat film dan foto dihadirkan dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari Wakatobi, Kendari, Baubau, Konawe dan Makassar.

Festival film dan foto ini bertemakan wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Wakatobi, Sultra.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, H. Belli mengatakan, festival ini sebagai bentuk dukungan kepada para pegiat pariwisata dan ekonomi kreatif.

Belli berharap melalui film dan foto, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada dapat digaungkan hingga ke mancanegara.

Ia mencontohkan Belitung yang menjadi terkenal luas setelah menjadi latar dalam film Laskar Pelangi.

Kami ingin buat Wakatobi ini seperti Belitung,” kata Belli saat di Resort Ampupu Beach Wakatobi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Nadar meyakini film, animasi, dan videografi dapat menjadi sentral poin dalam pengembangan daerah untuk menggerakkan sub sektor lain dalam hal promosi.

Ia mengurai, terdapat beberapa sub sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dianggap prioritas dikembangkan, yakni kuliner, kriya, seni pertunjukan, dan musik.

Menurutnya, sejumlah sub sektor tersebut dapat diintegrasikan menjadi satu ekosistem dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Untuk di kabupaten Wakatobi, penting untuk kita menjaga momentum dan membuka motivasi teman-teman pelaku film ini agar tidak berhenti untuk mengalir dan berkarya,” katanya.

Bentuk komitmen lain yang dilakukan Dinas Pariwisata Sultra dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif dengan membangun interkoneksi antar-kabupaten di Sultra.

Hal tersebut ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Pergub nomor 310 tahun 2022 tentang tujuh destinasi utama sebagai penyanggah Wakatobi yang dikenal dengan Seven Wonder.

(Didul)