Seremoni pembukaan Porseni tingkat Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia, Kendari. (Foto: dok)

Matabubu Rayakan Kemerdekaan RI dengan Lomba Kebersihan dan Porseni

Diposting pada

TURGO.ID – Masyarakat Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia Kota Kendari merayakan hari kemerdekaan RI ke-78 tahun dengan cara lebih positif. Pemerintah setempat menggelar lomba kebersihan dan kegiatan pekan olahraga dan seni antar Rukun Tetangga (RT) se-Kelurahan Matabubu.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Setda Kota Kendari, Sudirham, membuka Porseni di lapangan Kelurahan Matabubu, Kamis (10/8/2023) sore.

Peserta Porseni tingkat Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia, Kendari. (Foto: dok)

Kata Sudirham, di beberapa tempat Pemerintah Kota Kendari sedang gencar-gencarnya melakukan pembersihan, oleh karena itu, dia berpesan bahwa, dengan lomba ini, dapat meningkatkan kebersihan di lingkungan sekitar.

“Oleh karena itu, jangan sampai dari setelah lomba ini malah sampahnya lebih banyak, kita berharap setiap peserta lomba untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kita tingkatkan rasa persaudaraan,” ungkapnya.

Warga mengikuti Porseni tingkat Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia, Kendari. (Foto: dok)

Sementara itu, Lurah Matabubu Nurwahyudi menjelaskan bahwa, perlombaan ini bukan hanya lomba pada umumnya saja, tetapi di utamakan juga dengan lomba kebersihan antar RT se Kelurahan Matabubu.

“Untuk peserta lombanya dari RT 1 sampai RT 9, untuk kategori lombanya yakni futsal, volly ball putra-putri, bola gotong, terompah, tumpah kelereng, dan makan kerupuk,” jelasnya.

Pelaksanaan lomba ini dimulai dari tanggal 11-23 Agustus 2023, pada sore hari menyesuaikan dengan kegaitan yang juga dilaksanakan Pemkot Kendari. Dalam kegiatan ini dihadiri anggota DPRD Kota Kendari Fraksi Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan, dan Camat Poasia, Abdul Salam.

Pembukaan Porseni tingkat Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia, Kendari. (Foto: dok)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Kendari meluncurkan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan RI tahun 2023, di Ruang Terbuka Publik Kali Kadia, pada Jumat (4/8/2023). Peluncuran rangkaian kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Wali Kota Kendari dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih di kali Kadia. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih pada perwakilan camat lurah dan kepala sekolah untuk selanjutnya diserahkan pada masyarakat.(ADV)