Pertandingan Voly Putri pada Porseni antar warga Keluarahan Anduonohu dalam rangka perayaan HUT RI ke 78 di lapangan kelurahan. (Foto: dok/Turgo.id)

Serunya Agustusan Warga Anduonohu Kendari, Walikota dan DPRD Beri Support

Diposting pada

TURGO.ID – Masyarakat Indonesia tak pernah luput merayakan Hari Kemerdekaan RI tiap tanggal 17 Agustus. Beragam kegiatan dilaksanakan untuk menghibur warga sekaligus memperingati perjuangan pahlawan bangsa. Tak hanya upacara pengibaran dan penurunan sang saka bendera merah putih, kegiatan lomba pun diselenggarakan sebagai pemaknaan perjuangan bangsa meraih kemenangan.

Warga Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia Kota Kendari pun melakukan hal yang sama. Agustusan tahun 2023 ini dirayakan dengan berbagai kegiatan seru. Diantaranya Sepak Bola antar RW, lomba Voly, Bola Gotong untuk ibu-ibu, dan lainnya. Lomba sendiri diadakan oleh Pemerintah Kelurahan Anduonohu didukung sejumlah sponsor dari pihak lain secara sukarela. Warga pun tampak antusias dan menikmati kegiatan.

Lurah Anduonohu, Yunus, menjelaskan bahwa acara ini merupakan inisatif masyarakat dan pemerintah kelurahan untuk mengeratkan silaturahim antar rukun warga. Yunus bilang, setiap tahun kegiatan semacam ini diselenggarakan. Bahkan tahun ini, hanya Kelurahan Anduonohu yang mengadakan lomba antar warga.

“Wilayah Anduonohu ini paling luas diantara semua keluarahan di Kota Kendari. Kita punya 36 RT dari kawasan teluk sampai di kabun raya. Sangat luas, warganya sangat banyak. Makanya kita perlu adakan kegiatan seperti ini untuk mengeratkan hubungan silaturahim antar warga,” kata Yunus saat ditemui di lapangan kelurahan, 14 Agustus 2023.

Walikota Kendari Asmawa Tosepu (tengah, bertopi) bersama Anggota DPRD Kota Kendari La Yuli (tengah, lengan panjang putih) berfoto bersama warga RT 36 Kelurahan Aduonohu usai pembukaan Porseni. (Foto: dok)

Walikota Kendari, Asmawa Tosepu, hadir membuka acara Porseni Antar Warga Anduonohu pada Rabu 6 Agustus 2023 sore. Ia mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah perpecahan antar warga Kota Kendari. Asmawa berpesan agar masyarakat menjaga silaturahim serta bersama-sama memelihara Kota Kendari agar menjadi kota yang layak bagi semua orang.

Anggota DPRD Kota Kendari, La Yuli, yang juga hadir dalam acara pembukaan ikut menyaksikan warga bertanding. Ia pun mengaku sangat mendukung kegiatan positif warga Kelurahan Anduonohu apapun bentuknya. Kata dia, kegiatan yang melibatkan warga tidak mesti diadakan hanya pada saat momen Agustusan. Mesti sering diselenggaran agar Kota Kendari tampak lebih hidup dan berwarna.

Pertandingan Bola Gotong warga Keluarahan Anduonohu dalam rangka perayaan HUT RI ke 78 tahun. (Foto: dok/Turgo.id)

“Kita tentu sangat mendukung kegiatan positif di masyarakat. Program pemerintah yang berpihak pada masyarakat akan sangat kami hargai. Kami DPRD hadir sebagai regulator, dan akan terus mendukung kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat Kota Kendari secara umum,” komentar La Yuli saat ditanya tentang kegiatan pemerintah yang melibatkan warga secara massal.

Ketua Fraksi PKS di DPRD Kendari ini mengaku senang dengan diadakannya Porseni antar warga di Kelurahan Anduonohu. Katanya, hal seperti ini tidak mesti mewah, yang terpenting warga terlibat dan senang. Karena akan membangkitkan optimism dan semangat untuk menghidupkan suasana di lingkungan tempat tinggal.

Pertandingan Sepak Bola pada Porseni antar warga Keluarahan Anduonohu dalam rangka perayaan HUT RI ke 78 di lapangan kelurahan. (Foto: dok/Turgo.id)

Kegiatan Porseni antar warga ini diselenggarakan selama 10 hari mulai 6 Agustus sampai 18 Agustus 2023. Kegiatan melibatkan 10 RW yang merupakan gabungan dari 36 RT sekelurahan Anduonohu. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Kelurahan Anduonohu Jalan Kancil, Kecamatan Poasia.(ADV)