Menkop UKM, Teten Masduki. Foto: Laman Kemenkop UKM.

Program Ini Dikembangkan untuk Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital

Diposting pada

TURGO ID Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) telah menyiapkan program Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT).

SIDT ini dimaksudkan agar pemerintah lebih mudah merencanakan program pemberdayaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Ini penting agar bisa menghubungkan mereka ke akses pembiayaan, akses pasar, termasuk kemudahan mereka melakukan usaha,” kata Menkop UKM Teten Masduki seperti dilansir dari laman KemenkopUKM, pada Selasa (6/12/2022).

Tak hanya itu, SIDT ini nantinya bisa juga membantu pelaku UMKM mengurus sertifikasi, seperti sertifikasi halal dan sertifikasi produk yang mereka jual.

Teten Masduki mengungkapkan, pentingnya pemerintah tetap melakukan pendampingan kepada UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital. Penting melakukan inkubasi agar UMKM bisa meningkatkan kapasitas produksi dan kualitasnya.

“Supaya produk-produk UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital itu bisa bertahan karena kompetisi di ekosistem digital ini semakin hari semakin ketat,” ujar Teten Masduki.

Ia pun berharap mereka bisa tumbuh dan mencapai pasar global.

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga sedang menggodok proyek baru guna mengintegrasi sistem monitoring UMKM di ekosistem digital.

Mereka bahkan sudah membentuk PMO (Project Management Office) sebagai upaya monitoring tersebut.