Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Asrun Lio, M. Hum., Ph.D, memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin (19 Februari 2024).(Foto: dok)

6 Arahan Sekda Sultra di Hari Kesadaran Nasional

Diposting pada

TURGO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Asrun Lio, M. Hum., Ph.D, memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin (19 Februari 2024). Ia menyampaikan 6 arahan penting yang menjadi pesan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Hadir dalam upacara tersebut, para Asisten Setda Sultra, para Kepala OPD Lingkup Pemprov bersama jajaran, termasuk pejabat fungsional dan seluruh staf Pemprov Sultra.

Sekda Asrun Lio menyampaikan, bahwa mengikuti upacara HKN merupakan salah satu kewajiban ASN. Ia menjadi inspektur menggantikan Pj. Gubernur Sultra yang berada di Jakarta dalam rangka pertemuan dengan beberapa kementerian dan lembaga tinggi negara, sekaligus menghadiri agenda Hari Pers Nasional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Asrun Lio, M. Hum., Ph.D, (Foto: dok)

6 arahan Pj Gubernur yang disampaikan Sekda adalah:
Pertama, Gubernur berterima kasih atas penyelenggaraan Pemilu, yang telah berjalan lancar dan aman. Meski ada PSU (pemungutan suara ulang) di beberapa daerah. “Pembelajaran bagi kita semua untuk bekerja profesional. Cek, ricek, kroscek, contoh jangan sampai kertas suara salah kirim, kurang dan sebagainya,” kata Sekda.

Kedua, memastikan kesiapan pangan menjelang tiga minggu sebelum puasa. TPID agar bergerak dalam rangka stabilisasi harga, megecek pasar, adakan GPM dan sebagainya.

Ketiga, di tengah musim penghujan, agar waspada dan antisisipasi. Jangan sampai kecelakaan lalu lintas, DBD dan sebagainya. Keempat, bulan Maret prakiraan cuaca semakin tinggi. Seluruh Satker, OPD melakukan kesiapan dan langkah-langkah antisipasi menolong rakyat, jangan sampai dokumen penting rusak akibat kehujanan, dan jangan ada korban jiwa.

Kelima, implementasi target kerja sesuai rencana kerja. “Kita sudah di akhir triwulan satu. Agar pencapaian target kinerja tercapai,” pesannya.

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin (19 Februari 2024).(Foto: dok)

Keenam, bersykur nilai sistem merit ASN lingkup Pemprov Sultra dari nilai “kurang” menjadi “baik”. Ke depan harus sangat baik. Oleh karna itu, model komunikasi yang harus terus dibangun dalam mengatasi masalah-masalah kepegawaian ini harus tersampaikan dan terselesaikan dengan baik.

“Mari kita terus bekerja dengan baik, kita sudah berkomitmen untuk resolusi 2024 ini, Pemerintah Prov. Sultra semakin berakhlak artinya semakin berorientasi pada pelayanan dengan bekerja cepat, tepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel,” tutupnya.(Adv)

Editor: Gugus Suryaman