Penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan, baik pengendara serta pedagang dan pengunjung pasar.(Foto: dok)

Satgas Preemtif Ops Keselamatan Anoa Gelar Pembinaan Kesadaran Lantas di Pasar

Diposting pada

Kendari, Turgo.id – Satgas Preemtif Ops Keselamatan Anoa 2024 Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) di kawasan Pasar Sentral Kota Lama Kendari.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasubsatgas Binluh Satgas Preemtif AKP Izak, S.H., dengan melibatkan 12 personel, Selasa (12/3/2024).

Kegiatan Binluh ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna jalan tentang pentingnya tertib berlalu lintas, demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kota Kendari.

Kasubsatgas Binluh Satgas Preemtif AKP Izak, S.H., menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya memberikan penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan, baik pengendara roda dua (R2) maupun pengemudi roda empat (R4) dan roda enam (R6), serta pedagang dan pengunjung pasar.

“Kami juga membagikan brosur himbauan Kamseltibcarlantas, memasang stiker himbauan pada kendaraan bermotor, dan memasang spanduk himbauan Kamseltibcarlantas,” kata AKP Izak.

AKP Izak juga menekankan pentingnya penggunaan helm yang sesuai standar SNI bagi pengendara R2. Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan keras saat terjadi kecelakaan.

“Penggunaan helm yang tepat dapat meminimalisir risiko cedera kepala serius, bahkan kematian, saat terjadi kecelakaan,” tegas AKP Izak.

AKP Izak berharap, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, selalu menggunakan helm yang sesuai standar, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di wilayah Kota Kendari.

Laporan: Ucy
Editor: Gugus Suryaman