Pesona Danau Toba Memikat Negara Arab dan Afrika

Diposting pada

TURGO ID Dana Toba memiliki pesona yang membuat orang yang berkunjung maupun melihatnya tertarik. Seperti yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat makan malam dengan para duta besar dari asosiasi negara Arab dan Afrika Utara di Cafe Hollywood, Balige pada Minggu (26/2/2023).

Sandiaga mengatakan para duta besar tersebut mengutarakan minat mereka untuk mempromosikan dan berinvestasi di kawasan Danau Toba.

“Mereka semua terpukau dengan keindahan alam dan budaya di Danau Toba dan menikmati pagelaran dan perhelatan F1PowerBoat,” kata Sandiaga seperti dikutip dari laman Kemenparekraf pada Rabu (1/3/2023).

“Dan mereka akan membawa catatan dan pengalaman ini untuk mengundang wisatawan dari negara-negara Arab ke Danau Toba,” tambah Sandiaga.

Para duta besar asosiasi negara Arab dan Afrika Utara tersebut rencananya akan berinvestasi di Danau Toba dalam rangka membangun infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan demi meningkatkan kualitas pariwisata di kawasan Danau Toba seperti hotel dan fasilitas lainnya.

“Mereka juga akan membawa investasi untuk membangun akomodasi dan fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Danau Toba,” katanya.

Duta Besar Maroko sekaligus perwakilan dari asosiasi negara-negara Arab dan Afrika Utara, Ouadia Benabdullah, menuturkan pihaknya telah tiba di Medan sejak 25 Februari 2023.

Ia mengaku sangat menyukai pengalaman menikmati keindahan Danau Toba. Ia juga mengungkapkan keindahan Danau Toba patut dipromosikan ke pasar internasional dan dikembangkan ke arah yang lebih baik.

“Kami mendapat kesempatan untuk bertemu para pemangku kepentingan dan kesempatan-kesempatan investasi di sini. Kami percaya di masa mendatang Danau Toba bisa menjadi destinasi yang besar di Indonesia,” kata Ouadia.